tugas akhir

A. Latar Belakang
Pencak silat itu memiliki nilai budaya dan historis yang sangat tinggi dan berperan penting dalam perjuangan kemerdekaan bangsa ini. Selain dari pada itu juga pencak silat merupakan cerminan adaptasi masyarakat Indonesia terhadap lingkungannya, maka dari itu gerakan pencak silat menjadi macam – macam dan berbeda – beda di setiap daerah. Pencak silat juga memiliki nilai akulturasi budaya setempat dengan budaya lain terutama berbau religius, misalnya banyak sekali perguruan pencak silat yang memasukan nilai – nilai islam. Pencak silat merupakan bagian dari proses pencarian jati diri bangsa Indonesia dan pencak silat adalah warisan asli budaya Indonesia yang harus dilestarikan.
B. Pemecahan Masalah
Di dalam penyelesaian tugas akhir ini, sebagai generasi penerus bangsa kita melestarikan budaya asli Indonesia ini agar kelak tidak di rampas oleh negara – negara lain. Selain itu, sebagai pelajar kita harus mengenal apa sajakah budaya indonesia ini yang salah satunya adalah Pencak Silat. Dan pencak silat ini adalah sebuah inspirasi yang dikeluarkan dari salah satu kreatifitas dalam tugas akhir pembelajaran seni budaya.
C. Peralatan
a. Media
• Tape
• Kaset Tepak 3 “Perguruan Pencak Silat Gajah Putih”
b. Peralatan
• Seragam Pencak Silat IPSI
• Golok
• Toya
D. Gerak Pencak Silat
1. Sikap awal, kedua tangan dilipat di depan pusar dengan posisi pergelangan tangan kiri digenggam oleh tangan kanan. Pandangan lurus ke depan.
2. Kaki kiri mundur membentuk kuda-kuda lurus dengan titik berat di tengah badan. Bersamaan dengan itu putar tangan kiri di samping kiri badan dengan gerakan melingkar ke atas diikuti dengan pandangan mata, sementara tangan kanan mengikuti putaran tangan kiri dengan gerakan melingkar ke bawah.
3. Tanpa berhenti lanjutkan putaran tersebut, tangan kiri diturunkan ke bawah sementara tangan kanan dengan telapak terbuka menghadap ke atas digerakkan ke depan melalui bagian dalam tangan kiri. Posisi akhir punggung telapak tangan kiri menempel di bawah sikut kanan. Pandangan lurus ke depan.
4. Geser kaki kiri ke depan sampai rapat ke kaki kanan. Tarik tangan kanan sedikit ke belakang dan di depan kening lakukan tepukan punggung telapak tangan kanan yang berada di bawah dengan telapak tangan kiri yang berada di atas.
5. Angkat kaki kanan sambil menggerakkan kedua telapak tangan melalui belakang kepala dan berhenti di depan dada.
6. Langkahkan kaki kanan lurus ke depan membentuk kuda-kuda lurus dengan titik berat disimpan di kaki depan, lakukan dorongan dengan kedua telapak tangan ke depan
7. Gerakkan tangan kanan ke bawah sikut kiri diikuti pandangan mata.
8. Lakukan tangkapan dengan tangan kanan yang dilanjutkan dengan tarikan ke pinggang kanan, sementara telapak tangan kiri melakukan gerak mematahkan ke arah kanan dan berhenti di depan rusuk kanan.
9. Luruskan kedua tangan ke depan agak menyerong ke atas dengan posisi telapak tangan menghadap ke bawah.
10. Tarik kedua tangan sambil dikepal dengan punggung kepalan berada di bawah, bersamaan dengan itu lakukan dengkulan menggunakan lutut kiri. Posisi lutut berada di tengah kedua kepalan tangan.
11. Lakukan lompatan di tempat sambil melakukan tendangan lurus ke depan menggunakan kaki kanan. Posisi tangan kanan lurus ke bawah sambil mengepal, sementara tangan kiri dengan telapak terbuka menyilang di depan dada.
12. Turunkan kaki kanan ke depan arah serong kanan. Tarik kepalan tangan kanan ke pinggang kanan, sementara tangan kiri dengan telapak terbuka menyilang di depan dada. Pandangan menuju ke arah kiri.
13. Putar badan ke kiri, titik berat dipindahkan ke kaki kiri. Bersamaan dengan itu lakukan tangkisan keluar menggunakan tangan kiri sambil melakukan pukulan lurus ke depan dengan menggunakan tangan kanan.
.
E. Angaran Biaya

 Kaset Tepak 3 : Rp. 15.000,00

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: